Hidup berklik ria

“Mba…kode wifi nya apa ya”
Begitulah selalu Daniel (13) ketika masuk ke tempat makan, padahal ibunya baru saja membuka halaman 1 daftar menu makanan yang di tawarkan.  Belum juga mesan apa-apa. (Mau gratisan aja mas hehehe).

Ngak perlu hitungan menit, kode wifi ini sudah berpindah tangan kesemua peserta makan di satu meja itu. Alamak…
Ilustrasi bermain hp (citraindonesia.com)

“Mumpung gratis, download game yuk,” kata Daniel sambil berbisik ke adiknya (9) yang juga tidak mau kalah.

Sang kakak kelihatannya malu2 kucing, agak jaim tapi ternyata malah lebih cekatan mengungah lagu-lagu favoritnya.

Begitu makanan tiba, berdoa pun sendiri2 dengan alasan berisiklah heheheh. “Berisik ya disini, doa masing2 aja ya Mi (mami),” kata Daniel.

Ngak jelas isi doanya apa, wong suaranya tidak kedengaran dan tau2nya matanya sudah plototin hasil download, padahal ibunya saja belum berdoa. “Yes…tinggal 1 menit lagi.”

Kemarin (12/6) saat sedang di jalan, Daniel tiba-tiba berteriak seperti menang undian mobil mewah…”Hore… ada Pokeman…tolong agak lambat ya Pi,” kata dia yang membuat saya kaget.

Ternyata sang anak, sejak dari rumah sudah hidupin aplikasi Game online, Pokemon Go, sebuah aplikasi yang lagi hot saat ini. Bahasa krennya ini adalah permainan augmented reality, jadi kita melihat pokemon seolah olah nyata bro tinggal tangkap.

Ada bagusnya juga sih dia main game Pokemon, badannya jadi bergerak mengejar pokemen di sekitar gang tempat tinggal kami. Walau ngak sampai berkeringat tapi hitung-hitung olah raga kecil2 an.

Saya jadi teringat main petak umpat masa kecil...Kalau di kampung, bisa bisa satu hari ngak ketemu tuh yang dicari,  hehehe karena kita bisa aja tiba-tiba di suruh ama mak ke ladang.

Libur

Selama libur sekolah, tidak terhitung berapa jam yang dia habiskan untuk berinternet ria. Pagi  hingga malam utamanya game dan medsos (media sosial).

Tidak terhitung juga berapa kali dia pindah-pindah tempat, dari kamar, keruang tamu, ke meja belajar, ke depan TV bahkan ke toilet deh.

Liburan panjang sekolah bagi dia bukan lagi jalan-jalan, tapi memuaskan impiannya untuk bermain. Bak lepas dari penjara. Bebas.

Kalau di ajak jalan-jalan, pertanyaan pertamanya “Disana ada wifi nya ngak?”

Badannya akan lemas kalau dia tahu tempat yang di tuju ngak ada wifi…Kalau sudah begini, ada aja alasannya yang kadang membuat orangtuanya rada2 emosi. Tapi, giliran ada wifi, mau duduk satu hari juga ngak masalah. Oh jaman…

Serba gampang

Jaman sekarang, tinggal klik semua beres.

Semua aplikasi ada di smartphone…baik urusan duniawi maupun “surgawi” deh.

Coba kita lihat, mau makan ada aplikasi online jasa antar makanan; mau berpergian, segala jenis mobil hingga mewahpun tersedia, plus aplikasi ojek buanyaak. Mau liburan, klik saja aplikasi urusan tiket, komplit dengan hotelnya. Tinggal sesuaikan dengan isi kantong.

Mau pamer “pacar” ke teman, ada aplikasinya juga bro.

Susah bangun pagi? Jangan cemas, tinggal atur jam hingga detiknya, sang HP sudah tahu tugasnya.

Anak kita malas kursus diluar rumah, bisa pesan guru privat di internet kok atau belajar di depan komputer juga bisa. Mau kursus ngak bayar? Jangan kwatir ada saja yang berbaik hati ngasih belajar gratis, lengkap dengan latihan soal2.

Report belanja sayur atau bawang?, tinggal sebutin aja maunya apa, duduk manis didepan TV sambil minum kopi, nyampe tuh barang.

AC rusak? Mau beli Air galon? Mau mesan tabung gas? Semua beres dengan klik.

Atau hobbi narsis/selfie, banyak tuh aplikasinya yang bikin kita tampak ganteng and cantik. Jerawat bisa rata, kulit pun bisa di poles deh.

Mau cari kontrakan, juga ada bos.

Mau urusan surga? Ada banyak aplikasi lagu-lagu rohani lengkap dengan Kitab Suci. Kalau yang ini keren, saya suka deh…hehehe. 

Pokoknya….semua ada di kantongnya om smartphone.

Mau nyari aplikasi urusan kantor? bisa-bisa seminggu ngak selesai nulis judulnya saja, buanyakkkkkk.

Para pengembang aplikasi itu punya satu keyakinan “Dimana ada komplain, disitu kami hadir…solusi maker man.” Jadi harap berhati hati kalau mau berkeluh kesah di media sosial ya...

Semakin banyak keluhan, semakin banyak pula bisnis baru yang lahir lengkapnya dengan aplikasi mobilenya. 

Lihat saja Jakarta, karena masalah macet saja, para pengembang aplikasi berduyun duyun menawarkan solusi dari mulai ojek yang nyaman, jasa antar makanan, jasa pijit ditempat and so on.

Saya teringat ketika pendeta yang kotbah di gereja siang mengungkapkan kekwatirannya di era internet ini. “Jangan-jangan untuk menyuruh anak nyuci piring pun, sudah harus kirim SMS. Karena telinganya sudah tertutup dengan earphone.”

Saya juga pernah ngobrol dengan salah seorang CEO, apakah dia suka membaca. “Ngak punya waktu lagi mas, wong untuk milih photo2 yang mau dihapusin dari salah satu grup di aplikasi aja bisa berpuluh menit. Saya punya beberapa group loh” 

Yah begitulah hidup. Perubahan tidak bisa dihentikan. Tinggal, bagaimana kita bersikap (cik cik kayak motivator aja sih hehehe).






No comments for "Hidup berklik ria"